Sunday, October 9, 2016

CARA MUDAH MENANAM KUBIS


Di Indonesia kubis sering di gunakan sebagai pelengkap penyajian makanan seperti soto,bakso,ayam goreng,bebek goreng,dan masih banyak lagi makanan-makanan yang di sajikan dengan kubis. karakteristik dari tanaman ini adalah hanya dapat tumbuh dengan baik di suhu udara dingin antara 10-24 CELSIUS bahkan minus sampai 6C pun kubis masih dapat bertahan,maka di Indonesia hanya daerah pegunungan saja adalah tempat yang baik buat menanam kubis.....
dalam artikel hari ini saya akan bagikan cara mudah menanam kubis
supaya kubis bisa tumbuh dengan baik ditentukan oleh kondisi lahan dan cuaca /iklim ,
bila anda tinggal di daerah pegunungan adalah ide yang baik untuk menanam kubis buat meningkatkan ekonomi keluarga,tanaman ini juga memerlukan pasokan air yang baik untuk irigasi dan drainase..

1 BUAT MEDIA SEMAI

cangkul dan gemburkan tanah untuk tempat persemaian sedalam 20-30 cm,campur dengan kapur dolomit untuk menyesuaikan kadar keasaman  tanah,berikan dan campur juga dengan kompos/pupuk kandang dengan ukuran 1 banding 1,pilih benih yang baik dengan direndam kedalam air hangat selama 1/2 jam,kemudian keringkan secara alami tanpa cahaya matahari,lantas sebar kan benih tersebut secara merata dan teratur diatas tempat persemaian, tutup dengan daun pisang selama 3-4 hari.sirami dengan air tiap hari dengan gembor,tiap pagi sampai jam 10 dan sore jam 4 tutup daun dibuka,amati bibit kubis yang diserang penyakit ulat daun dipetik serta di buang daun yang terserang......bibit yang berusia 3-4 minggu dan sudah punya 3-5 daun adalah bibit yang sudah siap tanam.

2 PEMBUATAN LAHAN TANAM KUBIS

bersihkan lahan dari gulma atau tumbuhan liar yang bisa mengganggu.
gemburkan tanah dengan dibajak atau dicangkul sedalam 30 cm
buat larikan/bedengan dengan jarak kurang lebih 30 cm,lebar 1 M,panjangnya sesuai lahan/lokasi.
pada saat pembuatan bedengan campurkan pupuk kandang,kapur dolomit,pupuk urea,kcl,ZA,sp-36,dengan ukuran....175 kg/ha za, 50 kg/ha urea, 100 kg/ha kcl dan 250 kg/ha tsp. Pupuk basic dicampur secara merata lalu dimasukkan pada lubang tanam yang sudah diberi pupuk kandang, sebelum akhirnya ditutup kembali dengan tanah.
tebarkan pupuk kandang secara merata di atas bedengan,
buat lubang tanam dengan jarak 50x50 cm

PEMASANGAN MULSA PLASTIK

plastik mulsa untuk menutup bedengan
ada dua warna yang perak diatas dan yang hitam di bawah,fungsinya...

  • Untuk menekan tumbuhnya gulma.
  • Menahan/menjaga kelembaban.
Mencegah/mengurangi penguapan air.
  • Menghemat biaya tenaga kerja dalam penyiangan.
  • Memblokir pantulan untuk mengusir hama.
  • Fotosintesis lewat pantulan sinar matahari.

3 PENANAMAN 

penanam dilakukan dengan hati-hati tanpa merusak akar,satu bibit ditanam satu lubang tanam dan segera disiram air sampai tanah benar-benar basah.

4 PEMELIHARAAN

penyulaman
ganti tanaman yang mati,rusak,sebelum seluruh tanaman berusia 2 minggu penyulaman bisa dilakukan.

penyiangan
penyiangan dilakukan untuk membersihkan rumput-rumput liar yang mengganggu proses pertumbuhan,dilakukan dengan hati-hati jangan terlalu dalam karena bisa merusak akar kulbis,

pengairan
penyiraman dilakukan secara rutin pada pagi dan sore hari,

pemupukan
pupuk susulan diberikan 3x saat tanaman berusia antara 10,20,30 hari
saat usia 10 hari berikan pupuk campuran  ZA 150 kg/ha, Urea 75 kg/ha, SP-36 150 kg/ha dan KCl 75 kg/ha di sekeliling tanaman sejauh 10-15 cm dari batangnya lalu ditimbun tanah.

saat usia 20 hari berikan pupuk campuran ZA 150 kg/ha, Urea 75 kg/ha, SP-36 75 kg/ha dan KCl 150 kg/ha di larikan sejauh 20 cm dari batangnya lalu ditimbun tanah.

saat usia 30 hari berikan pupuk campuran ZA 150 kg/ha, Urea 100 kg/ha, dan KCl 150 kg/ha di larikan sejauh 25 cm dari batangnya lalu ditimbun tanah

5 HAMA TANAMAN KUBIS
Ulat Plutella 
Ulat yang berwarna hijau ini memakan permukaan daun bagian bawah dengan meninggalkan tulang-tulang daun sehingga daun berlubang.

Ulat Croci
Ulat berwarna hijau bergaris punggung hijau muda dan berwarna kuning di sisi perut. Akibat serangan ulat ini, massa bunga atau daun disekelilingnya menjadi bolong-bolong.

Ulat tanah
Ulat menyerang tanama kubis dengan cara memotong titik tumbuh atau pangkal batang tanaman sehingga tangkai daun atau batang rebah dan layu terutama di siang hari.
Kutu daun 
Kutu daun menghisap cairan sel sehingga daun menguning dan massa bunga berbintik-bintik kotor. Biasanya, kutu ini hidup berkelompok di permukan bawah daun atau pada massa bunga. Serangan yang hebat biasanya terjadi di musim kemarau.
Ulat jengkal 
Ulat berukuran panjang 4 cm, pucat pita hijau dan merah muda pada setiap sisi tubuhnya sementara ulat grayak memiliki bintik-bintik segitiga hitam dan bergaris kekuningan pada sisinya. Kedua menyerang daun di musim kemarau sehingga daun rusak, berlubang, daun berlubang hanya menyisakan tulang.
Ulat grayak menyerang tanaman beramai-ramai dalam satu kelompok besar. Pengendalian hama dilakukan secara terpadu: melakukan rotasi tanaman dengan tanaman selain keluarga Cruciferae, menyebarkan mikroba ke musuh alami dan menggunakan pestisida baik secara biologis maupun kimiawi.

6 PENYAKIT

Busuk hitam
  • Penyebab
Bakteri Xanthomonas campestris Dows. Penyakit ini bersifat tular benih (seed born) yang menyerang semua fase pertumbuhan kubis bunga. Infeksi di lapangan melalui bekas gigitan serangga atau luka.
  • Gejala
Terdapat bercak coklat kehitam-hitaman pada daun, batang, tangkai, bunga maupun massa bunga. Batang dan massa bunga menjadi busuk sehingga tidak dapat dipanen.
Busuk lunak
  • Penyebab
Bakteri Erwinia carotovora Holland. Penyakit ini menyebabkan busuk lunak pada tanaman di kebun dan pasca panen. Infeksi terjadi setelah busuk hitam melalui luka pada pangkal bunga yang hampir dipanen atau melalui akar yang terluka.
  • Gelaja
Busuknya batang atau pangkal bunga dengan tiba-tiba.
Akar bengkak
  • Penyebab
Jamur Plasmodiophora brassicae Wor.
  • Gejala 
Layu tanaman seperti kekurangan air dan segar kembali di malam hari, setelah waktu yang lama dan pertumbuhan terhambat terhambat dan tidak bisa mekar. Selain akar tanaman membengkak terlihat terlalu ada bintik-bintik hitam pada akar.
Pengendalian hama dilakukan secara terpadu : melakukan rotasi tanaman dengan tanaman selain keluarga Cruciferae, menyebarkan mikroba ke musuh alami dan menggunakan pestisida baik secara biologis maupun kimiawi.

7 PANEN

 Panen dan pasca panen Pada umur 81- 100 hari, kubis sudah dapat dipanen. Kubis siap panen dapat diketahui lewat tanda-tanda berikut ini: - pinggir daun krop terluar di bagian atas, - krop melengkung ke luar dan berwarna agak ungu, - Dan krop sisi dalam telah padat.

No comments:

Post a Comment